Selasa, 08 Maret 2011

Arsitektur dan Routing

Pengertian dari kedua kata di atas dapat diartikan sendiri-sendiri. Pengertian secara umum, arsitektur adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan atau konsep atau orang sering menyebutnya dengan istilah blue print. Contoh dari blue print adalah: arsitektur sistem jaringan (blue print jaringan), arsitektur bangunan (blue print bangunan). Sedangkan pengertian dari routing adalah proses dimana suatu router mem-forward paket ke jaringan yang dituju.
Jika dihubungkan arsitektur dan routing adalah rancangan sebuah topologi jaringan yang bertujuan untuk dapat menghubungkan sisi pengirim dan penerima dalam berkomunikasi agar dapat berjalan dengan baik dan benar serta mengurangi kerumitan dalam jaringan.
Untuk dapat melakukan perutean, suatu router, atau entitas apapun yang membangun routing , melakukan beberapa langkah berikut ini: 
1. Mengetahui Alamat tujuan – Ke tujuan (alamat) mana sesuatu yang dirutekan dikirim? 
2. Mengenali sumber-sumber informasi perutean – Dari sumber-sumber (router-router lain) mana saja suatu router dapat mempelajari jalur-jalur menuju tujuan? 
3. Menemukan rute-rute – Jalur-jalur atau rute-rute mana saja yang mungkin dapat dilalui untuk mencapai alamat tujuan? 
4. Memilih jalur atau rute – Memilih jalur atau rute terbaik untuk menuju alamat tujuan yang dimaksud.
5. Memelihara dan memverifikasi informasi routing – Apakah jalur-jalur ke tujuan yang telah diketahui masih berlaku dan benar? 

0 komentar:

Posting Komentar